Workshop
Penelitian Tindakan Kelas
Untuk Dosen dan Mahsiswa FKIP
Universitas Lancang Kuning
26 February 2009
Speaker:
Alasan Melakukan Penelitian Tindakan Kelas
- Mengembangkan hubungan menyeluruh dengan sejawat
- mempelajari struktur perkembangan pembelajaran
- selalu berusaha mencari intelektualitas dan selalu belajar
- Guru/ pengajarlah yang memulai perubahan, bukan orang lain
- melatih diri menjadi orang yang suka belajar terus menerus, dan membantu siswa belajar
- menciptakan bentuk baru pengembangan profesi
- menciptakan bentuk baru dalam penelitian
Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas
- Menjawab pertanyaan praktis dan specific, yang dipecahkan melalui tindakan
- Terkait dengan setting dimana permasalahan ditemukan ( Hitchock & Hughes, 1995)
- Sumber data Kuantitatif dan kualitatif
- Hasil penelitian dirembukkan bersama orang yang terkait langsung, sehingga mereka dapat melakukan tindakan berdasarkan temuan.
Tujuan PTK
- Memperbaiki dan meningkatkan kualitas isi, efisiensi dan efektifitas pembelajaran, proses dan hasil pembelajaran
- Menumbuh kembangnkan kebiasaan meneliti para guru/ dosen agar lebih proaktif mencari pemecahan terhadap masalah pembelajaran
- Meningkatkan produktivitas meneliti para guru/ dosen dalam pembelajaran
- Meningkatkan kolaborasi antara guru dengan guru dan antara guru dan siswa dalam memecahkan masalah pembelajaran